Selasa, 03 Mei 2016

Mobile Marketing




MOBILE MARKETING

Ref: http://www.telkomsolution.com/news/mobile-marketing-semakin-dilirik-ketimbang-traditional-marketing
                Seiring berkembangnya zaman, semua aktivitas yang kita jalani saat ini tentunya tidak lepas dari yang namanya “teknologi”. Setiap aktivitas baik itu dari mulai dari pagi hingga malam, selalu saja kita tidak dapat terpisah dari kata tersebut, tapi seperti apa teknologi yang kita bicarakan tersebut?
                Mudah saja, kita contohkan dari Handphone atau yang kita biasanya disebut “HP” merupakan salah satu kemajuan teknologi saat ini. Di mana hampir semua aktivitas seperti informasi, komunikasi, kebutuhan, dan lainnya, semua ada dalam perangkat satu ini. Dan kebanyakan masyarakat memanfaatkan teknologi tersebut untuk berkomunikasi, salah satunya yang kita ketahui yaitu media sosial atau yang biasa dikenal dengan istilah “sosmed”, seperti LINE, BBM, WhatsApp, Instagram, dan lainnya.
                Biasanya aplikasi di atas tersebut digunakan untuk berkomunikasi semata, namun seiring berkembangnya zaman, aplikasi tersebut bisa digunakan untuk berbisnis, dan inilah yang akan membawa kita ke topik utama kita, yaitu “mobile marketing”. Mobile marketing itu apa sih?? Simak penjelasannya
                Mobile marketing adalah sistem pemasaran yang menggunakan media mobile sebagai tempat promosi atau periklanannya atau dengan menggunakan sistem aplikasi khusus. Di sini, perusahaan dapat membuat iklan dengan menggunakan media berupa aplikasi yang terdapat dalam mobile, salah satunya media sosial, bahkan beberapa diantaranya mengembangkan sejenis web khusus berbasis aplikasi mobile hingga menciptakan sebuah aplikasi khusus untuk memasarkan produknya dan mempermudah pencarian informasi kepada konsumen. Beberapa fitur komunikasi diantaranya seperti telepon dan SMS juga merupakan penerapan dari Mobile Marketing
               
                Beberapa perusahaan besar memanfaatkan mobile marketing ini di antaranya yaitu McDonalds, Unilever, dan lainnya. Tentunya tujuannya tidak lain adalah memperluas pemasaran dan menjaring pelanggan baru.
                Menurut data, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna smartphone yang cukup besar, yaitu sekitar 65,2 juta orang, bahkan jumlah tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu tentunya akan membuat persaingan dalam mobile marketing semakin tinggi. Bagaimana tidak, hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan mobile sebagai media pelayanannya
                Kita ambil contoh dari aplikasi online yang saat ini sedang nge-tren yaitu GoJek dan Grab. Kedua aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi transportasi online yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dan tentunya semua pengguna aplikasi tersebut menggunakan smartphone. Dan kedua perusahaan aplikasi tersebut memberikan berbagai pelayanan dan promosi setiap periodenya guna memasarkan produknya agar dikenal masyarakat dan menambah jumlah penggunanya.
                Dalam penggunaannya, mobile marketing mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi pengguna barang/jasa, berikut keunggulan menggunakan mobile marketing:
·         Dengan adanya mobile marketing perusahaan dengan mudah memasarkan produknya secara luas, bahkan hingga ke luar wilayah
·         Memudahkan pengguna dalam mencari atau mengetahui informasi mengenai produk barang/jasa yang ditawarkan
·         Mobile marketing merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi yang tentunya mempermudah pelayanan konsumen dalam beberapa hal tertentu.
Selain itu, ada beberapa alasan mengapa perusahaan menerapkan sistem pemasaran satu ini, diantaranya sebagai berikut:
1.     Aplikasi berbasis mobile marketing lebih mempermudah perusahaan dalam mendekati konsumen
Tentunya, karena hampir seluruh masyarakat Indonesia merupakan pengguna smartphone, oleh sebab itu perusahaan yang memakai sistem mobile marketing lebih mudah menarik konsumen
2.    Informasi atau pengadaan promosi secara mobile marketing lebih memikat konsumen
Apabila ada SMS/Chat dari suatu perusahaan mengenai informasi produk baru atau promosi, tentunya akan menimbulkan ketertarikan pada konsumen dalam membeli barang/jasa tersebut.
3.      Pemasaran ini menggunakan metode “estafet” yang akan membuat perusahaan semakin dikenal
Maksud dari pemasaran estafet ini adalah ketika suatu perusahaan memberikan informasi mengenai promo yang diadakan, maka secara tak langsung konsumen akan menyebarkan promo tersebut kepada keluarga/teman yang dia kenal, dan hal ini akan terus menyebar dan menyebar dan membuat konsumen semakin bertambah
4.      Sistem pemasaran ini memiliki banyak cara pendekatan yang dapat dikembangkan secara spesifik
Sistem ini memiliki beragam cara dalam pendekatan terhadap konsumennya, dan dapat dikembangkan secara spesifik pula. Misalnya, pendekatan secara khusus bagi mereka yang berminat menggunakan barang/jasa atau pendekatan bagi konsumen yang radarnya jauh dari perusahaan tersebut, dan beberapa pendekatan lainnya yang bisa dikembangkan.

                Nah, mungkin seperti itulah penjelasan mengenai mobile marketing, dan tentunya masih banyak cara perusahaan dalam memasarkan produknya.
                Dan buat kalian yang berminat dalam membuat bisnis, kenapa gak coba memakai sistem pemasaran satu ini? Kalian bisa mulai dari penggunaan media sosial sebagai media iklan pemasaran kalian.. Yang penting 100% hasil kerja keras kalian yaa.. Selamat mencoba ^^

1 komentar:

  1. I wondered upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your feed and I hope you post again soon.
    Digital Marketing SMS
    Digital Mobile Marketing

    BalasHapus