MOBILE
MARKETING
| Ref: http://www.telkomsolution.com/news/mobile-marketing-semakin-dilirik-ketimbang-traditional-marketing |
Seiring
berkembangnya zaman, semua aktivitas yang kita jalani saat ini tentunya tidak
lepas dari yang namanya “teknologi”. Setiap aktivitas baik itu dari mulai dari
pagi hingga malam, selalu saja kita tidak dapat terpisah dari kata tersebut, tapi
seperti apa teknologi yang kita bicarakan tersebut?
Mudah
saja, kita contohkan dari Handphone atau
yang kita biasanya disebut “HP” merupakan salah satu kemajuan teknologi saat
ini. Di mana hampir semua aktivitas seperti informasi, komunikasi, kebutuhan,
dan lainnya, semua ada dalam perangkat satu ini. Dan kebanyakan masyarakat
memanfaatkan teknologi tersebut untuk berkomunikasi, salah satunya yang kita
ketahui yaitu media sosial atau yang biasa dikenal dengan istilah “sosmed”, seperti LINE, BBM, WhatsApp, Instagram,
dan lainnya.
Biasanya
aplikasi di atas tersebut digunakan untuk berkomunikasi semata, namun seiring
berkembangnya zaman, aplikasi tersebut bisa digunakan untuk berbisnis, dan inilah
yang akan membawa kita ke topik utama kita, yaitu “mobile marketing”. Mobile marketing itu apa sih?? Simak
penjelasannya
Mobile
marketing adalah sistem pemasaran yang menggunakan media mobile sebagai
tempat promosi atau periklanannya atau dengan menggunakan sistem aplikasi
khusus. Di sini, perusahaan dapat membuat iklan dengan menggunakan media berupa
aplikasi yang terdapat dalam mobile, salah satunya media sosial, bahkan
beberapa diantaranya mengembangkan sejenis web khusus berbasis aplikasi mobile
hingga menciptakan sebuah aplikasi khusus untuk memasarkan produknya dan
mempermudah pencarian informasi kepada konsumen. Beberapa fitur komunikasi diantaranya
seperti telepon dan SMS juga merupakan penerapan dari Mobile Marketing
Beberapa
perusahaan besar memanfaatkan mobile marketing ini di antaranya yaitu
McDonalds, Unilever, dan lainnya. Tentunya tujuannya tidak lain adalah
memperluas pemasaran dan menjaring pelanggan baru.
Menurut
data, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna smartphone yang cukup besar, yaitu
sekitar 65,2 juta orang, bahkan jumlah tersebut akan terus bertambah setiap
tahunnya. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu tentunya akan membuat persaingan
dalam mobile marketing semakin tinggi. Bagaimana tidak, hampir semua masyarakat
Indonesia menggunakan mobile sebagai media pelayanannya
Kita
ambil contoh dari aplikasi online yang saat ini sedang nge-tren yaitu GoJek dan Grab. Kedua aplikasi tersebut merupakan
salah satu aplikasi transportasi online yang saat ini banyak digunakan oleh
masyarakat Indonesia, dan tentunya semua pengguna aplikasi tersebut menggunakan
smartphone. Dan kedua perusahaan
aplikasi tersebut memberikan berbagai pelayanan dan promosi setiap periodenya
guna memasarkan produknya agar dikenal masyarakat dan menambah jumlah
penggunanya.
Dalam
penggunaannya, mobile marketing mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi
pengguna barang/jasa, berikut keunggulan menggunakan mobile marketing:
·
Dengan
adanya mobile marketing perusahaan dengan mudah memasarkan produknya secara
luas, bahkan hingga ke luar wilayah
·
Memudahkan
pengguna dalam mencari atau mengetahui informasi mengenai produk barang/jasa
yang ditawarkan
·
Mobile
marketing merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi yang tentunya
mempermudah pelayanan konsumen dalam beberapa hal tertentu.
Selain itu, ada beberapa alasan mengapa
perusahaan menerapkan sistem pemasaran satu ini, diantaranya sebagai berikut:
1. Aplikasi
berbasis mobile marketing lebih mempermudah perusahaan dalam mendekati konsumen
Tentunya, karena hampir seluruh
masyarakat Indonesia merupakan pengguna smartphone, oleh sebab itu perusahaan
yang memakai sistem mobile marketing lebih mudah menarik konsumen
2. Informasi
atau pengadaan promosi secara mobile marketing lebih memikat konsumen
Apabila
ada SMS/Chat dari suatu perusahaan mengenai informasi produk baru atau promosi,
tentunya akan menimbulkan ketertarikan pada konsumen dalam membeli barang/jasa
tersebut.
3.
Pemasaran ini menggunakan metode “estafet”
yang akan membuat perusahaan semakin dikenal
Maksud dari pemasaran estafet ini
adalah ketika suatu perusahaan memberikan informasi mengenai promo yang
diadakan, maka secara tak langsung konsumen akan menyebarkan promo tersebut
kepada keluarga/teman yang dia kenal, dan hal ini akan terus menyebar dan
menyebar dan membuat konsumen semakin bertambah
4.
Sistem pemasaran ini memiliki banyak cara
pendekatan yang dapat dikembangkan secara spesifik
Sistem ini memiliki beragam cara dalam
pendekatan terhadap konsumennya, dan dapat dikembangkan secara spesifik pula.
Misalnya, pendekatan secara khusus bagi mereka yang berminat menggunakan
barang/jasa atau pendekatan bagi konsumen yang radarnya jauh dari perusahaan
tersebut, dan beberapa pendekatan lainnya yang bisa dikembangkan.
Nah, mungkin seperti itulah
penjelasan mengenai mobile marketing, dan tentunya masih banyak cara perusahaan
dalam memasarkan produknya.
Dan buat kalian yang berminat
dalam membuat bisnis, kenapa gak coba memakai sistem pemasaran satu ini? Kalian
bisa mulai dari penggunaan media sosial sebagai media iklan pemasaran kalian..
Yang penting 100% hasil kerja keras kalian yaa.. Selamat mencoba ^^
I wondered upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your feed and I hope you post again soon.
BalasHapusDigital Marketing SMS
Digital Mobile Marketing